Definisi dan Macam - Macam Fluida

Dalam hidrolika pasti akan mempelajari yang namanya fluida sebab hidrolika adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan hukum dari gerak cairan. Hidrolika merupakan mata pelajaran yang diajarkan dibangku sekolah tepatnya di bangku SMA. Namun, tidak menutup kemungkinan dibangku perkuliahan juga mempelajari materi yang satu ini. Mungkin hanya dibeberapa jurusan tertentu seperti Teknik Sipil.

Didalam hidrolika terdapat materi yang berhubungan dengan fluida. Mungkin kalian bertanya-tanya. Sebenarnya apa sih fluida itu? Fluida adalah suatu zat yang dapat berubah bentuk menyesuaikan diri dengan tempatnya karena fluida tidak mempunyai tahanan yang tetap terhadap gaya yang bekerja padanya. Dengan kata lain fluida adalah sejenis cairan atau gas. Jadi, yang namanya cairan / gas pasti kalian tahu sendiri kan, bentuknya tidak pasti, selalu mengikuti bentuk dari wadah yang digunakan untuk menyimpan atau menampungnya.

Definisi dan Macam - Macam Fluida

Fluida dibedakan menjadi dua macam yaitu fluida yang berbentuk cairan atau lebih dikenal dengan sebutan liquid dan fluida yang berbentuk gas. Seperti apa perbedaan dari keduanya? Yuk kita simak artikel berikut ini :

Perbedaan Fluida Cairan (Liquid) Vs Fluida Gas

Fluida Cairan (Liquid)
  1. Cairan merupakan zat yang tidak dapat/sukar dimapatkan (Incompressible).
  2. Bila ditempatkan pada suatu tempat, cairan akan mengisi tempat tersebut sebesar volume yang dibutuhkan.
  3. Cairan mempunyai permukaan bebas (free surface).

Fluida Gas
  1. Gas merupakan zat yang dapat dimampatkan (Compressible).
  2. Gas akan menempati seluruh ruangan pada tempat tersebut.
  3. Gas tidak mempunyai permukaan bebas.

Nah, itulah sekilas info  mengenai definisi dan perbedaan fluida yang cukup penting untuk diketahui. Satu hal lagi yang paling penting yaitu banyak dari masyarakat atau bahkan kita sendiri beranggapan bahwa fluida itu adalah cairan, padahal sebenarnya fluida tidak hanya cairan tapi juga bisa gas. Jadi, semoga dengan membaca info ini anda menjadi lebih paham mengenai definisi dan perbedaan dari fluida liquid dengan fluida gas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Definisi dan Macam - Macam Fluida"

Posting Komentar

Silahkan sharing ilmu kalian melalui komentar dibawah. Mohon menggunakan bahasa yang sopan saat menulis komentar. Jangan menaruh link aktif pada komentar kalian. Segala bentuk link aktif akan kami hapus. Terima Kasih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *